1000 Lebih Anak Difabel di Lombok Timur Membutuhkan Perhatian Khusus

- 4 Desember 2023, 09:39 WIB
Penjabat Bupati Lombok Timur Juaini Taofik (dok: istimewa)
Penjabat Bupati Lombok Timur Juaini Taofik (dok: istimewa) /

HAILOMBOKTIMUR - Lebih dari 1000 anak difabel di Lombok Timur membutuhkan perhatian khusus, karena selama ini masih banyak hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan belum terpenuhi, mulai dari pendidikan hingga pengakuan negara dalam bentuk dokumen seperti KTP dan akta kelahiran. 

 

Menyadari hal itu, penjabat (PJ) Bupati Lombok Timur, Juaini Taofik mengingatkan agar lebih memperhatikan dan sabar dalam mengurus para difabel. 

 

“Mereka butuh pemberdayaan to give ability dan otority, artinya harus diberikan kemampuan dan kewenangan,” ungkapnya saat menjadi keynote speaker pada acara aksi kolektif penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan pemberdayaan disabilitas dalam mencapai SDG’S, di Pendopo Bupati, Sabtu 2 Desember 2023.

 

Ia ingatkan bahwa perlu adanya lingkungan yang ramah difabel seperti akses mudah, fasilitas umum yang dapat diakses dan infrastruktur yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan difabel. Selain itu, lingkungan sosial yang mendukung dan inklusif juga penting untuk mendorong partisipasi aktif mereka.

 

Lebih lanjut ia mengaku senang dengan diksi aksi kolektif. Sebab menurutnya segala permasalahan tidak bisa diselesaikan sendiri melainkan bersama para stakeholder yang memiliki tujuan yang sama. 

Halaman:

Editor: Ahmad Riadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah